Iwan Fals menjadi penyanyi balada paling bersinar sepanjang sejarah musik Indonesia. Pria yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto ini lahir di Jakarta, 3 September 1961 dari pasangan Haryoso dan Lies. Meskipun lahir di Jakarta, ia menghabiskan masa kecilnya di Bandung. Sempat kemudian ikut saudaranya ke Jeddah, Arab Saudi, selama 8 bulan.

Sejak berusia 13 tahun, sudah gemar mengasah bakat musiknya dengan mengamen di jalanan Kota Bandung. Hidup di jalanan sebagai pengamen membuat semakin peka dengan isu-isu sosial. Iwan Fals kemudian melatih diri agar mahir bermain gitar dan menciptakan lagu.

Di bangku SMP, di daulat menjadi gitaris dalam paduan suara sekolah. Sosok yang juga gemar berolahraga ini, bahkan pernah meraih gelar Juara II Karate Tingkat Nasional. Iwan Fals juga sempat masuk pelatnas karate. Di kampusnya, Sekolah Tinggi Publisistik, Iwan Fals melatih karate. Iwan Fals juga punya hobi menulis dan pernah menjadi kolumnis di beberapa tabloid olahraga.

iwan_falsSuatu hari seorang produser mengajaknya ke Jakarta. Untuk biaya pembuatan master album, Iwan Fals harus menjual sepeda motornya. Sayangnya, album band “Amburadul” yang digawanginya bersama Toto Gunarto, Helmi, dan Bambang Bule tidak laku di pasaran. Dan terpaksa kembali ke Bandung.

Sambil mengamen, Iwan Fals mengikuti beberapa festival musik, seperti festival musik country dan festival lagu humor. Beberapa kali menjuarai festival musik sehingga akhirnya ajakan rekaman mulai berdatangan. Bersama Pepeng, Krisna, dan Nana Krip, Iwan Fals membuat album lagu humor. Sayangnya, album yang diproduksi ABC Records tidak laku dan hanya dikonsumsi kalangan tertentu saja.

Akhirnya ia bergabung dengan Musica Studio untuk menggarap album “Sarjana Muda”. Dalam pembuatan album ini dibantu oleh Willy Soemantri. Setelah merilis album “Sarjana Muda”, Iwan Fals tetap mengamen dari rumah ke rumah. Sesekali, Iwan Fals mengamen ke Terminal Blok M.

Album “Sarjana Muda” ternyata banyak diminati masyarakat. Tawaran menyanyi pun mulai berdatangan, misalnya pada tahun 1987 tampil dengan lagu Oemar Bakri di siaran Manasuka Siaran Niaga di TVRI. Iwan menikahi Rosanna dan dianugerahi tiga anak yaitu Galang Rambu Anarki, Annisa Cikal Rambu Basae, dan Rayya Rambu Robbani.

Sejak lahirnya Cikal, ia pun berhenti mengamen. Iwan Fals kemudian bergabung dengan kelompok SWAMI dan Kantata Takwa. Karir Iwan Fals semakin bersinar bersama Kantata Takwa yang didukung pengusaha Setiawan Djodi. Lagu-lagunya yang memotret kehidupan sosial budaya dan kritik terhadap pemerintah membuat beberapa konsernya dilarang aparat.

iwan-falsmudaAnak pertama Iwan Fals, Galang, mengikuti jejak ayahnya dalam dunia musik, meski dalam genre yang berbeda. Setelah menjadi gitaris band “Bunga”, Galang secara mengejutkan meninggal dunia pada tahun 1997. Kematian Galang membuat Iwan Fals berhenti bermusik selama bertahun-tahun.

Selain karena dilanda kesedihan, Iwan Fals juga memprotes aksi pembajakan musik yang terjadi di Indonesia. Kehidupannya kembali dalam melukis dan berlatih bela diri. Karena kharisma Iwan Fals yang sangat besar, para penggemar fanatiknya mendirikan Yayasan Orang Indonesia pada 16 Agustus 1999. Tahun 2002, kembali mengeluarkan album berjudul “Suara Hati”.

Saking besarnya kharisma Iwan Fals, banyak orang menggadang-gadangnyasebagai calon presiden alternatif tahun 2014 nanti.

 

Share Button